Cara Kerja Teknologi Haptic

Cara Kerja Teknologi Haptic

Teknologi Haptic

Jika menurut Anda iPhone Apple luar biasa, kenyamanan mata dan jari Anda di ponsel Samsung ini. Dijuluki sebagai Anycall Haptic, ponsel ini memiliki layar sentuh besar seperti iPhone. Apalagi ketika anda dapat menikmati permainan game judi online menggunakan ponsel iPhone di situs Sbobet Indonesia dengan mudah dan ringan. Tapi itu membuat gadget revolusioner Apple ini lebih baik, setidaknya untuk saat ini: ini memungkinkan pengguna merasakan klik, getaran, dan input sentuhan lainnya. Secara umum, ini memberi pengguna dengan 22 jenis sensasi sentuhan.

Sensasi ini menjelaskan penggunaan istilah haptic dalam nama. Haptic berasal dari bahasa Yunani “haptesthai”, yang berarti bermain. Sebagai kata sifat, itu berarti berhubungan dengan atau didasarkan pada indera peraba. Sebagai kata benda, umumnya digunakan dalam bentuk jamak (haptic), itu berarti pengetahuan dan fisiologi sensorik sentuhan. Para ilmuwan telah mempelajari haptics selama beberapa dekade dan tahu sedikit tentang biologi taktil. Mereka tahu, misalnya, apa jenis reseptor di kulit dan bagaimana saraf mengirim informasi antara sistem saraf pusat dan titik kontak.

Sayangnya, para ilmuwan komputer mengalami kesulitan besar mentransfer pemahaman dasar tentang sentuhan ini ke sistem realitas maya mereka. Sinyal visual dan pendengaran mudah ditiru dalam model yang dihasilkan komputer, tetapi sinyal taktil lebih bermasalah. Hampir mustahil untuk memungkinkan pengguna merasakan sesuatu yang terjadi di benak komputer melalui antarmuka yang khas. Tentu saja, keyboard memungkinkan pengguna mengetik kata-kata, dan joystick dan setir dapat bergetar. Tapi bagaimana cara pengguna menyentuh apa yang ada di dunia maya? Bagaimana, misalnya, pemain video game dapat merasakan baja keras dan dingin dari senjata karakter mereka? Bagaimana seorang astronot, yang berlatih dalam simulator komputer, dapat merasakan ketebalan dan tekstur batu bulan virtual?

Sejak 1980-an, para ilmuwan komputer telah mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Bidang Anda adalah subset haptic khusus yang dikenal sebagai haptic komputer. Selama beberapa halaman berikutnya, kita akan membahas bagaimana teknologi haptic bekerja:

Sistem Haptic

Haptic Sistem

Sebagai bidang studi, haptics paralel sejajar dengan kebangkitan dan evolusi otomatisasi. Sebelum revolusi industri, para ilmuwan fokus pada bagaimana makhluk hidup mengalami kontak. Ahli biologi tahu bahwa bahkan organisme sederhana, seperti ubur-ubur dan cacing, memiliki respons sentuhan yang canggih. Pada awal abad kedua puluh, para psikolog dan peneliti medis secara aktif mempelajari bagaimana manusia mengalami kontak fisik. Persisnya, cabang ilmu ini dikenal sebagai haptik manusia dan mengungkapkan bahwa tangan manusia, struktur utama yang terkait dengan indera peraba, sangat kompleks.

Dengan 27 tulang dan 40 otot, termasuk otot yang terletak di lengan bawah, tangan ini menawarkan ketangkasan yang luar biasa. Para ilmuwan mengukur keterampilan ini menggunakan konsep yang dikenal sebagai derajat kebebasan. Tingkat kebebasan adalah gerakan yang diberikan oleh suatu unit. Karena tangan manusia mengandung 22 sendi, itu memungkinkan gerakan dengan 22 derajat kebebasan. Kulit yang menutupi tangan juga kaya akan reseptor dan saraf, komponen sistem saraf yang mengkomunikasikan sensasi kontak dengan otak dan sumsum tulang belakang.

Kemudian datanglah pengembangan mesin dan robot. Alat mekanis ini juga harus menyentuh dan merasakan lingkungan, sehingga peneliti mulai mempelajari bagaimana sensasi ini dapat ditransfer ke mesin. Era haptics telah dimulai. Mesin tertua yang memungkinkan interaksi sentuhan dengan objek jarak jauh adalah penjepit sederhana yang dioperasikan oleh tuas dan kabel yang ditempatkan di ujung tiang. Dengan menggerakkan, mengarahkan dan mengencangkan pegangan senjata, seorang pekerja dapat mengontrol penjepit dari jarak jauh, yang dapat digunakan untuk mengambil, memindahkan, dan memanipulasi suatu objek.

Pada 1940-an, sistem penanganan jarak jauh yang relatif kasar ini diperbaiki untuk melayani industri bahan nuklir yang berbahaya dan berbahaya. Melalui antarmuka mesin, pekerja dapat menangani zat beracun dan berbahaya tanpa risiko terpapar. Akhirnya, para ilmuwan mengembangkan desain yang menggantikan koneksi mekanis dengan motor dan sinyal elektronik. Hal ini memungkinkan untuk mengkomunikasikan tindakan tangan halus kepada manipulator jarak jauh lebih efisien daripada sebelumnya.

Kemudian, pada tahun 1993, Laboratorium Kecerdasan Buatan dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT) membangun perangkat yang memberikan stimulasi haptic, yang akhirnya memungkinkan untuk menyentuh dan merasakan benda-benda yang dihasilkan komputer. Para ilmuwan yang mengerjakan proyek ini mulai menggambarkan bidang penelitian mereka sebagai haptik komputer untuk membedakan mereka dari haptik manusia dan mesin. Saat ini, teknologi komputer didefinisikan sebagai sistem yang dibutuhkan, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, untuk mewakili sentuhan dan nuansa objek virtual. Ini adalah bidang yang berkembang pesat yang menghasilkan serangkaian teknologi haptic yang menjanjikan.

Sebelum melihat beberapa teknologi ini secara lebih rinci, mari kita lihat jenis sensasi sentuhan yang harus disediakan oleh sistem haptic untuk berhasil.

Pentingnya teknologi haptic

Dalam video game, ada baiknya memiliki kemampuan haptic tambahan. Ini meningkatkan realitas game dan, sebagai hasilnya, kepuasan pengguna. Namun dalam pelatihan dan aplikasi lain, antarmuka haptic sangat penting. Ini karena indera sentuhan menyampaikan informasi terperinci dan terperinci tentang suatu objek. Ketika dikombinasikan dengan indera lain, terutama penglihatan, sentuhan secara dramatis meningkatkan jumlah informasi yang dikirim ke otak untuk diproses. Meningkatkan informasi mengurangi kesalahan pengguna, serta waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Ini juga mengurangi konsumsi energi dan jumlah daya kontak yang digunakan dalam situasi teleoperatif.

Jelas, Samsung berharap untuk mengambil keuntungan dari beberapa manfaat ini dengan memperkenalkan ponsel Anycall Haptic. Nokia akan mendorong amplop lebih jauh ketika Anda memasuki ponsel dengan layar sentuh. Ya, telepon akan terlihat bagus. Dan, ya, mereka akan baik untuk disentuh. Tetapi mereka juga akan lebih mudah digunakan, dengan fungsi sentuh yang menyebabkan lebih sedikit kesalahan input dan pengalaman keseluruhan yang lebih memuaskan.

You may also like